Minggu, 19 Maret 2017

SENADO SQUARE

SENADO SQUARE
 
Lapangan Senado (bahasa Portugis: Largo do Senado; Tradisional) adalah wilayah beraspal yang berada di pusat bekas koloni Portugis di Makau. Lapangan ini ditutupi oleh bangunan Leal Senado, Kantor Pos Umum, dan Gereja Santo Dominikus. Lapangan Senado diaspal dengan gaya Portugis tradisional. Jalan utama pusat bersejarah Makau, yaitu Avenida de Almeida Ribeiro, melewati Senado. Lapangan Senado juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.
Senado Square terletak di daerah pusat semenanjung Makau. Kawasan seluas 3.700 meter persegi.Jejak sejarah di Senado Square memang sangat terasa dari arsitektur bangunan yang didominasi gaya Portugis yang sempat menjajah Makau. Selain pertokoan, disini juga terdapat Gereja St. Dominic. Pada tahun 1940, kawasan ini berdiri sebuah patung prajurit Portugis bernama Mesquita. Dialah yang bertanggungjawab atas kematian tentara China selama peperangan dengan Dinasti Qing (1644-1911). Namun sejak dihancurkan oleh orang-orang China,  kini patung tersebut sudah berganti dengan air mancur. Inilah mengapa, kawasan Senado Square sering juga disebut “The Fountain” atau “air mancur”. Saat masih dikuasai Portugis, kawasan Senado Square merupakan tempat sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan militer. Gubernur setempat sering mengadakan upacara militer dan pelantikan kepolisian di tempat ini.
Yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah pusat perbelanjaan dan restoran tradisional China yang berada di sekitar kawasan Senado Square. Mode pakaian, makanan ringan dan lingkungan yang indah membuat kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri. Kembang api dan barongsai biasanya diadakan pada hari-hari khusus seperti Festival Musim Semi China dan Hari Natal.
Pada awal 1990, otoritas setempat memperkerjakan beberapa ahli dari Portugis untuk menghiasi Senado Square dengan mosaik gelombang bermotif batu-batu berwarna. Sejak saat itu, daerah ini menjadi tempat yang populer untuk kegiatan budaya di Makau. Bangunan-bangunan di sekitar Senado Square memiliki sejarah panjang sehingga hingga kini tidak ada perubahan apapun terkait dengan fasad bangunan. Bangunan-bangunan neo-klasik bercampur dengan kemegahan arsitektur modern menarik wisatawan. Belum lagi banyak area publik yang memungkinkan warga setempat berkumpul dan saling bertukar cerita. Bagi para pemburu foto, bangunan –  bangunan di Senado Square sayang untuk dilewatkan. Ada gedung tua bercat pink yang layak untuk dipotret dan air mancur yang berada di tengah kawasan sebagai landmark. Jangan lewatkan bangunan The General Post Office yang kuno. Anda sekaligus dapat menambah koleksi kartu pos dan juga mengirimkannya melalui kantor pos yang hingga kini masih sangat kokoh dan terawat. Selain itu, masih ada Holy House of Mercy dengan arsitektur tempo dulu yang memesona. Jajaran Macau Business Tourism Centre pun bediri dengan rapi dan makin indah jika dilihat pada malam hari.

Di Senado Square ada pemandangan unik yang bisa Anda lihat di pagi hari, yakni antrean orang untuk mendapatkan koran gratis. Mereka dengan sabar berjajar untuk menerima surat kabar secara cuma-cuma agar bisa menikmati kabar seputar Makau dan kejadian penting lainnya di dunia.

ARSITEKTUR DI SENADO SQUARE


Kawasan wisata paling populer di Macau yang berupa daerah kota tua dengan bangunan-bangunan bergaya arsitektur portugis dan jalan-jalan yang berupa lorong-lorong sempit. Senado Square sendiri adalah area terbuka sebagai gerbang masuk menuju kawasan pertokoan kota lama. Bangunan lama tersebut saat ini sudah dicat dengan warna kekuningan dan di dalamnya sudah berupa toko-toko yang diantaranya merupakan outlet merek-merek terkenal seperti Boschini, Guardiano dan merek-merek terkenal lainnya. Di sebelah kanan area terbuka Senado Square adalah bangunan kantor Pos dan sebelahnya terdapat  terdapat bangunan Santa Casa Da Misericordia.

Di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa cafe yang menyajikan masakan Portugis sehingga bisa melengkapi kenangan bahwa anda seolah terbawa ke suasana beberapa ratus silam saat pertama kali kota ini dibangun oleh Portugis. Untuk mencapai Senado Square, anda bisa menggunakan shuttle bus yang berhenti kira-kira satu kilometer dan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan utama kota Macau. Namun yang perlu diperhatikan apabila anda mau menuju kawasan reruntuhan gereja tua St. Paulo diharapkan mengikuti petunjuk arah yang ada mengingat banyak lorong-lorong yang hampir sama dan juga terdapat beberapa gereja lama di sekitar kawasan ini.

SUMBER :

1 komentar: